Rabu, 05 Agustus 2020

Liburan yuk! Surga bawah air 'Mata Air Sumber Sirah'


Mata Air Sumber Sirah



     Asal usul nama Sumber Sira berasal dari kata ‘sirah’ atau kepala. Dalam Artian, mata air kepala (induk) dari beberapa mata air yang ada di Desa Putukrejo Kec. Gondanglegi dan sekitarnya.
    Ada juga tradisi lisan yang mengatakan Sumber Sira itu dianggap kepala ular naga. Lalu aliran airnya ke sungai membentuk badan naga. Dan ekornya sampai di Desa Sukosari, desa sekitar.
Faktanya, Mata Air Sumber Sirahini  memang cukup besar dan luas sehingga dapat membentuk aliran menuju sungai .
Masyarakat setempat juga menyebut Sumber Sira sebagai Sumber Bureng 1 dan alirannya hingga di Desa Sukosari disebut Sumber Bureng 2.
  



Wisata air yang terdapat di  Malang ini  menawarkan keasrian pepohonan dan beningnya mata air. Ukuran kolam Sumber Sira relatif luas, sekitar 100×50 meter. Kedalamannya kurang lebih satu setengah  meter dengan dasar pasir dan bebatuan kecil.
Sumber Sirah Malang ini juga  memiliki tumbuhan kecil semacang ganggang hijau dengan pasir hitam yang halus sebagai pertanda kealamiannya. Di permukaan juga banyak didapati daun kering yang jatuh dari kanopi pohon di atasnya.Sumber Sirah Malang ini memiliki udara yang sejuk . 
Belum lagi dengan pemandangan sekitar Sumber Sirah Malang yang alami sehingga sangat mendukung sekali untuk menyegarkan tubuh dan mata. Selain menyegarkan, para pengunjung dapat berenang dan berlatih snorkeling. Para pengunjung juga dapat berswa foto di tempat ini.





Dengan kedalaman antara 80 cm hingga 1,5 meter kalian bisa menikmati keindahan ikan-ikan yang berenang di sekitar kalian.                                              
Bagaimana, tertarik dengan keindahan mata air Sumber Sirah ini?














5 komentar: